Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil dan Contohnya

Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil dan Contohnya – Ragam hias adalah sebutan untuk keberagaman corak hiasan yang ada pada permukaan produk tekstil dan kain. Ragam hias itu bisa jadi berupa bentuk abstrak, geometri, corak hewan, tumbuhan, dan lain-lain. Berdasarkan pengertian itu, karena itu kita pasti bisa mengira-ngira apa fungsi ragam hias pada bahan tekstil kan ?

Ragam hias pada dasarnya bisa disimpulkan sebagai bentuk dasar hiasan yang disusun memakai teknik tertentu di permukaan kain tekstil.

Maka dari itu, pada umumnya fungsi dari penerapan ragam hias pada bahan tekstil adalah untuk tingkatkan nilai seni atau keindahan pada kain tekstil itu. Selain menambahkan nilai seni, fungsi lain dari ragam hias pada bahan tekstil salah satunya adalah :

  • Meningkatkan nilai estetika pada kain tekstil
  • Mampu menambah daya tarik dan minat membeli dari customer
  • Menambahkan nilai ekonomi atau harga jual satu produk tekstil
  • Mewariskan nilai-nilai budaya lewat proses pembuatan dan seni seni di atas bahan tekstil

Contoh Penerapan dan Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Mengingat fungsi ragam hias pada bahan tekstil sanggup membuat nilai jual satu produk jadi bertambah, karena itu pelaksanaan ragam hias itu sangat dibutuhkan untuk percantik tampilan desain bahan tekstil.

Untuk membuat ragam hias yang memikat dan estetik, karena itu ada banyak unsur yang penting jadi perhatian saat membuat rancangan desain ragam hias tekstil, salah satunya memperhatikan garis hiasan, wujud dan motif, warna, dan struktur dari bahan tekstil.

Ada juga yang menyebutkan jika ragam hias yang penting jadi perhatian adalah berdasarkan komposisi warna, komposisi motif, dan komposisi teknik hiasnya. Anda mungkin juga penasaran tentang manfaat bahan tekstil, ketahui informasi tersebut di artikel jelaskan tiga manfaat penerapan ragam hias diatas bahan tekstil

Apa Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil?

Untuk menerapkan ragam hias untuk membuat bahan tekstil yang estetik dan berharga jual tinggi, karena itu pengrajin umumnya menggunakan teknik-teknik berikut ini :

  • Membuat , yaitu meningkatkan pola atau motif memakai malam di atas kain
  • Menenun, yaitu memasukkan benang secara selang-seling untuk membuat motif yang diharapkan
  • Menyulam, yaitu menambahkan hiasan di atas kain dengan media benang dan jarum jahit secara manual.
  • Membordir, yaitu menambahkan hiasan dengan media benang dan jarum jahit seperti menyulam tetapi dilakukan memakai mesin khusus.
See also  Berikut Manfaat Dari Jasa Percetakan Dalam Membantu Berbagai Pekerjaan

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Fungsi Ragam Hias pada Bahan Tekstil dan Contohnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sekian terima kasih. Simak juga informasi mengenai jelaskan tiga manfaat penerapan ragam hias pada bahan tekstil.